Alamat

Jl. Pelabuhan III RT 14 Kelurahan Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan, Kota Bontang 75322. Telp/ Faks (0548) 22645.

Selasa, 19 Oktober 2010

Pemeriksaan Kambing dari Pantoloan

Pemeriksaan sampel pada kambing yang datang dari Pantoloan di Karantina Pertanian Wilker Bontang dilakukan karena kondisi kambing kurang sehat dan dikhawatirkan adanya indikasi penyakit. Jumlah kambing yang datang sebanyak 100 ekor dan dibagi ke tiga peternak di kota Bontang. Pemeriksaan ini dilakukan di kandang peternak dengan pengambilan sampel 10 % dari jumlah kambing yang datang. Pemeriksaan yang dilakukan adalah Pemeriksaan sampel darah dengan mengambil darah dari pembuluh darah perifer menggunakan spuit 1 cc  untuk selanjutnya dibuat preparat ulas darah dan pemeriksaan feses  kambing  metode natif. Berikut gambar kegiatan pemeriksaan yang dilakukan :

    Gambar 1. Pengambilan sampel darah dari perifer


   Gambar 2. Fiksasi darah dengan menggunakan methanol


     Gambar 3. Pengambilan feses kambing per rektal

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan adanya telur cacing jenis stronggyl namun dalam jumlah yang sedikit, sehingga tetap perlu dilakukan treatmen oleh peternak dengan menggunakan obat cacing. Sedangkan pada pemeriksaan ulas darah tidak ditemukan parasit darah. 

Rencanannya kegiatan pemerikasaan kedatangan kambing/ sapi ini akan rutin dilaksanakan di Karantina Pertanian wilayah kerja Bontang 1 kali dalam 1 bulan, namun masih terkendala dengan peralatan laboratorium yang belum memadai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar